sperma laki laki - pembuahan

Tentang Sperma Laki Laki

Menurut Wikipedia.org Sperma Laki Laki adalah sel dari sistem reproduksi laki laki. Sel sperma akan membuahi ovum untuk membentuk zigot. Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio.

Sperma manusia adalah sel sistem reproduksi utama dari laki laki. Sel sperma memiliki jenis kelamin laki laki atau perempuan. Sperma laki laki terdiri atas kepala yang berukuran 5 µm x 3 µm (µm dibaca mikro meter = 10-6 meter) dan ekor sepanjang 50 µm. Sperma laki laki berbentuk seperti kecebong, yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala, leher dan ekor.

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics & Gynecology, pada Maret 2013, pada musim dingin dan awal musim semi laki laki menghasilkan sperma dengan kualitas sperma yang baik. Itu sebabnya, sembilan bulan kemudian atau ketika musim gugur, banyak bayi dilahirkan.

Proses Pembentukan Sperma Laki Laki

Dalam proses pembentukan sperma (Spermatogenesis) ini dipengaruhi oleh 2 hormon utama, yaitu:

  1. Hormon FSH – Berfungsi untuk merangsang pembentukan sperma secara langsung serta merangsang sel sertoli untuk menghasilkan ABP (Androgen Binding Protein) untuk memacu spermatogonium dalam melakukan spermatogenesis.
  2. Hormon LH – Berfungsi untuk merangsang Sel Leydig untuk memperoleh sekresi Testosteron.
  3. Hormon Gonadotropin – Berfungsi untuk memproduksi luteinizing hormon dan folikel stimulating hormone.
  4. Hormon Testosteron – Berfungsi untuk mempengaruhi perkembangan kelamin dan alat reproduksi pria serta memproduksi cairan sperma atau semen.

Proses Pembentukan Sperma atau Spermatogenesis terjadi di Tubulus Seminiferus yang terdapat dalam testis. Pada Tubulus Seminiferus terdapat dinding yang terlapisi oleh sel Germinal Primitif yang disebut Spermatogonium. Setelah mengalami pematangan, spermatogonium akan memperbanyak diri sehingga membelah secara terus-menerus (Mitosis).

Proses pembentukan sperma di dalam testis disebut dengan spermatogenesis. Spermatogenesis dimulai dari pembelahan mitosis sel-sel induk sperma (spermatogonium). Pembelahan terjadi beberapa kali hingga dihasilkan lebih banyak spermatogonium. Kemudian setengah dari sel-sel spermatogonium tersebut, terus melanjutkan pembelahan mitosis. Sedangkan setengah yang lain membesar menjadi spermatosit primer. Oleh karena pembentukan spermatosit primer melalui pembelahan mitosis, maka hasilnya memiliki kromosom diploid (2n) sama dengan spermatogoniumnya.

Spermatosit primer berikutnya akan membelah secara meiosis (meiosis I) menghasilkan spermatosit sekunder, dengan kondisi kromosom haploid (n). Spermatosit sekunder melanjutkan pembelahan meiosis (meiosis II) menghasilkan dua sel yang juga haploid, disebut dengan spermatid. Sehingga diperoleh 4 spermatid. Sel-sel spermatid ini akan berdiferensiasi menjadi spermatozoa.

Jika dilihat dari tahapannya, proses spermatogenesis dibagi menjadi tiga tahapan :

1. Tahapan Spermatocytogenesis

Yaitu tahapan spermatogonium yang bermiosis menjadi spermatid primer, proses ini dipengaruhi oleh sel sertoli, dengan sel sertoli yang memberi nutrisi-nutrisi kepada spermatogonium, sehingga dapat berkembang menjadi spermatotid.

2. Tahapan Meiosis

Merupakan tahapan spermatosit primer bermitosis I membentuk spermatosit sekunder dan langsung terjadi meiosis II yaitu pembentukan spermatid, dari spermatosit sekunder.

3. Tahapan Spermiogenesis

Merupakan tahapan terakhir pembentukan spermatozoa, dimana terjadi transformasi dari spermatid menjadi spermatozoa.

Proses terbentuknya sperma tersebut bisa diilustrasikan melalui gambar berikut:

sperma laki laki - pembentukan sperma

Fungsi Sperma Laki Laki

Fungsi dari Sperma secara murni hanya untuk membantu sel-sel reproduksi laki laki, atau sperma, agar bisa berhasil menavigasi jalan melalui sistem reproduksi wanita sehingga mampu membuahi sel telur. laki laki yang berejakulasi juga disertai dengan orgasme dan kesenangan seksual, ereksi dan orgasme dikendalikan oleh mekanisme yang berlainan. Selain itu, pengeluaran sperma tidaklah terlalu penting untuk seks yang menyenangkan bagi kebanyakan pasangan.

Ciri Sperma Laki Laki yang Subur

Ada beberapa pria dewasa yang memiliki kemampuan alamiah untuk memiliki atau menghasilkan sperma dalam jumlah yang banyak dan juga memiliki kualitas sperma yang bagus. Namun masalahnya, jumlah pria dengan kemampuan demikian adalah tidak sebanyak pria yang memiki masalah kualitas sperma yang lebih rendah.

Secara umum, kandungan yang terdapat pada air sperma yang sehat terdiri atas 65% cairan dari vesikula seminalis, 30-35% dari prostat dan 5% dari vasa tersebut. Selain itu, sperma laki laki juga mengandung asam sitrat, asam amino fruktosa, enzim, phosphorylcholine, prostaglandin, kalium, dan seng. Jumlah sperma yang dihasilkan bervariasi dari beberapa tetes hingga sekitar 6ml.

Selain ciri umum di atas, menurut penelitian yang dilansir dari netdoctor.co.uk dan medicalnews.com pada 2010. Dikatakan bahwa tanda seorang pria memiliki jumlah dan kualitas sperma yang nomal apabila:

  1. Air sperma pria yang sehat dan berkualitas memiliki warna putih atau abu-abu. Dalam beberapa hal, sperma laki laki yang berwarna kekuningan ternyata masih dianggap normal. Namun apabila cairan sperma berwarna merah muda atau merah itu tandanya ada masalah yang tidak beres dengan alat reproduksi laki laki tersebut. Maka harus sesegera mungkin dibawa kedokter ahli kandungan.
  2. Saat berejakulasi, maka air mani atau sperma harus terasa lengket seperti jelly. Apabila kurang lengket bahkan cenderung encer, maka kemungkinan juga menjadi salah satu dari penyebab kesuburan pria.
  3. Saat berejakulasi, Pria dewasa biasanya akan mengeluarkan 2-5ml atau sekitar 1-2 sendok makan sperma. Apabila cairan sperma laki laki yang dikeluarkan saat berejakulasi kurang dari 1,5 ml, maka inilah yang disebut hypospermia. Kondisi hypospermia inilah yang mampu membuat ejakulasi menjadi kering. Namun apabila cairan semen sperma lebih dari 6ml secara terus-menerus maka kondisinya disebut hyperspermia.
  4. Dengan menggunakan mikroskop khusus, maka dapat diketahui bahwa kondisi sperma laki laki yang bagus dalam setiap 1ml air mani, seharusnya ditemukan 20 juta sperma .
  5. Dari total yang diketahui, 25% dari jumlah sperma tersebut harus bisa berenang dengan cepat menuju sel telur. Serta 30% dari jumlah sperma tersebut harus berbentuk normal.

Sperma laki laki yang bagus juga sehat merupakan modal utama dalam hubungan pasutri di ranjang. Selain itu, Sperma laki laki yang bagus akan memberikan keturunan yang bagus juga. tidak hanya secara fisik, namun juga secara psikis.

Meningkatkan Sperma Laki Laki Agar Lebih Berkualitas

Sebenarnya cara meningkatkan sperma agar lebih berkualitas tidaklah terlalu sulit. Dengan melakukan aktivitas secara sehat, maka bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan kualitas sperma yang lebih baik. Bukan hanya itu, berperilaku sehat juga mampu memulihkan kesehatan
kita dan menghilangkan stres akibat pekerjaan di kantor yang menumpuk.

Berikut cara untuk meningkatkan sperma agar lebih berkualitas:

  1. Berolahraga secara teratur
  2. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Baca ini Makanan Untuk Memperbaiki Kualitas Sperma
  3. Meninggalkan dan menjauhi kegiatan merokok dan alkohol. Baca ini Rokok dan Impotensi – Apa Hubungan keduanya?
  4. Jangan terlalu sering bermasturbasi
  5. Hindari memakai celana dalam terlalu ketat
  6. Dan mengkonsumsi obat kuat herbal

Demikianlah artikel yang kami buat. Semoga artikel kami yang berjudul “Sperma Laki Laki yang Subur” ini mampu memberikan manfaat untuk kesehatan seksual Anda.


Mau tahu info dan tips lainnya seputar kesehatan seksual bagi Anda dan pasangan? Anda bisa mengunjungi laman berikut: Artikel Kesehatan Seksual. Atau masukkan email Anda pada kolom NewsLetter (Berlangganan via Email). Anda akan mendapat update seputar kesehatan seksual dari situs ini melalui email secara berkala dan gratis.