sejarah-manfaat-dan-cara-melakukan-senam-kegel

Sejarah, Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel – Senam Kegel (sering juga dikenal sebagai senam seks) adalah sejenis latihan gerakan yang memiliki tujuan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul yaitu otot pubococcygeal (PC) atau otot dasar panggul di mana menjadi dudukan organ internal seksual. Otot ini memiliki fungsi untuk mengontrol keluarnya air seni. Otot PC yang kuat memainkan peranan yang sangat penting dalam respons seksual pada pria dan wanita. Dengan melakukan kegel Anda pun dapat menghasilkan orgasme yang merupakan hasil dari kontraksi cepat dari otot-otot PC.

Banyak orang yang belum mengerti jika kepuasan seks bisa didapatkan dengan cara yang sederhana, seperti misalnya senam kegel ini. Kenapa dibilang sederhana..? karena melakukan senam ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal juga pelaksanaannya tidak terlalu rumit. Silahkan membaca artikel tentang “Sejarah, Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel” berikut ini.

Sejarah senam kegel

Sejarah, Manfaat dan Cara Melakukan Senam KegelSesuai namanya, senam kegel pertama kali digagas oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1940-an. Tujuan utama pertama kali diciptakannya senam ini adalah untuk mengendalikan keinginan buang air kecil atau besar saat menjelang melahirkan bagi perempuan hamil. Setelah diketahui bahwa terdapat manfaat lain dari senam ini,maka kemudian dikembangkan menjadi sebuah senam yang bisa membuat otot-otot bagian bawah tulang panggul atau sekitar kemaulan menjadi lebih kuat. Bahkan sekarang pria pun bisa mencoba metode senam kegel ini untuk membantu meningkatkan kulitas bercinta mereka bersama istrinya.

Manfaat senam kegel

  1. Memperkuat otot dasar panggul
  2. Membantu mencegah keluarnya urin kecil atau kotoran saat batuk, bersin, mengangkat beban berat atau melakukan pekerjaan yang membuat anda mengedan.
  3. Membantu mengurangi disfungsi ereksi
  4. Membantu kemampuan untuk buang air besar, dan prolaps rektum.
  5. Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir (tanpa atau sedikit jahitan)
  6. Mencegah ambein/wasir

Cara melakukan senam kegel

Cara kerja senam kegel adalah dengan memperkuat otot-otot PC dengan meningkatkan aliran sirkulasi darah di sekitar panggul sehingga meningkatkan kepekaan rangsangan. Otot PC yang kokoh akan menghasilkan sensasi kuat selama gairah dan orgasme sehingga dapat meningkatkan kenikmatan dahsyat saat seks berlangsung. Untuk bisa mendapatkan gairah tersebut, berikut ini adalah cara melakukan senam kegel yang baik dari OkeZone.com:

  • Mulailah dengan posisi duduk dan santai dengan kaki agak terpisah atau berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki datar di lantai.
  • Kemudian fokus dan mulai gerakkan otot PC dengan ketat hingga 30 sampai 50 detik sambil dibarengi bernafas secara bebas di seluruh tubuh.
  • Setelah itu tahan otot PC selama 5 detik lalu kendurkan selama 5 detik lagi. Lakukan latihan tersebut secara bertahap hingga kontraksi mengalami peningkatan hingga 10 detik.
  • Ketika Anda menguasai ini, Anda dapat mulai memperkenalkan variasi menahan kontraksi untuk jangka waktu yang lebih lama dengan interval istirahat yang lebih lama pula.
  • Lakukan kegel sebanyak tiga kali sehari selama 5 sampai 10 menit setiap sesi. Untuk hasil terbaik, jalani latihan tersebut selama tujuh hari dalam sepekan.
  • Jangan lakukan latihan kegel dengan kandung kemih penuh atau saat menahan buang air kecil. Keadaan tersebut justru dapat melemahkan otot serta meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Butuh waktu beberapa bulan sampai senam Kegel memberikan hasil yang memuaskan pada kontrol urin. Biasanya pasien mulai merasa perbaikan setelah 4-6 minggu. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan senam kegel secara berlebihan, mulailah secara perlahan. Bila anda merasa tidak enak, nyeri saat berkemih, atau melihat darah pada urin, segera konsultasikan ke dokter.

Demikian artikel kami tentang “Sejarah, Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel”. semoga bermanfaat. Silahkan kunjungi lagi website ini lagi untuk kumpulan artikel kesehatan sex lainnya.