Inilah 4 Penyebab Gairah Seks Pria Menurun

Pria dikenal sebagai makhluk yang memiliki gairah seksual yang tinggi. Tentu akan sangat mengherankan jika seorang pria yang bisanya semangat dalam urusan bercinta mendadak gairahnya menjadi menurun. Padahal, faktanya memang ada beberapa hal yang merupakan penyebab gairah seks pria menurun itu bisa terjadi.

Faktor Penyebab Gairah Seks Pria Menurun

Goldstein yang merupakan editor The Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa,

“Hasrat seksual rendah itulah yang kemudian membuat satu dari lima pria dari hasil penelitiannya, lebih suka melakukan aktivitas lain selain bercinta”

Untuk mengetahuinya, berikut Inilah faktor penyebab gairah seks pria menurun atau yang dalam istilah medis disebut Hypoactive Sexual Desire Disorder (HSDD):

1. Masalah Psikologis

Faktor penyebab gairah seks menurun yang pertama adalah karena Masalah Psikologis. Terutama stres dan cemas. Stres dan kecemasan dari masalah yang dihadapi oleh pria dalam aktivitasnya sehari-hari bisa sangat mempengaruhi suasana hatinya untuk bercinta. Masalah psikologis seperti dalam hubungan percintaan atau keluarga, depresi, dan gangguan mental adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi gairah seksual seorang pria.

 

2. Hormon

Testosteron adalah hormon yang berperan penting dalam naik turunnya gairah seksual pria. Jika hormon testosteron rendah, bisa jadi ini menjadi penyebab gairah seks pria juga rendah. Selain testosteron, hormon lain yang juga berperan dalam gairah seks pria adalah rendahnya tingkat hormon tiroid dan tingginya tingkat hormon prolaktin, sebuah hormon yang diproduksi dalam kelenjar di otak.

 

3. Dopamin

Dopamin adalah sebuah zat kima yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak. Dopamin juga membantu mengatur tindakan dan tanggapan emosional, sehingga memungkinkan kita untuk tidak hanya mengapresiasi penghargaan, tetapi juga mengambil tindakan untuk meraihnya. Dengan kata lain, Dopamin juga bisa disebut sebagai zat kimia yang diproduksi otak untuk menghasilkan efek kenikmatan.

Hasrat seksual sudah pasti melibatkan otak dan sistem kimia otak, salah satunya adalah dopamin. Dokter mencatat bahwa pasien penyakit Parkinson yang diobati dengan obat dopamin, dilaporkan mengalami peningkatan gairah seksual yang lebih baik. Oleh sebab itu, Goldstein mengatakan obat ini mampu membantu sebagian pria dengan Hypoactive Sexual Desire Disorder (HSDD).

 

4. Penyakit

Penyebab gairah seks pria menurun yang terakhir di artikel ini adalah disebabkan oleh penyakit. Beberapa kondisi penyakit tertentu seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi diyakini turut mempengaruhi kondisi libido pria. Selain itu, dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti obat HIV, obat rambut rontok tertentu, dan beberapa obat lain akan secara negatif dapat mempengaruhi libido pria dalam berhubungan seksual.

Setiap faktor penyebab gairah seks pria menurun memiliki cara pengobatan masing-masing. Bila penyebab gairah seks pria menurun adalah masalah psikologis, terapi seks dapat membantu mengatasinya. Jika masalahnya adalah testosteron rendah, pria dapat mengonsumsi suplemen testosteron, namun tentu sebelumnya harus dilakukan atas pengawasan dokter. Begitu juga jika penyebabnya adalah faktor penyakit
dan rendahnya tingkat dopamin.

Jadi demikianlah artikel kami yang berjudul Faktor Penyebab Gairah Seks Pria Menurun”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan hubungan rumah tangga Anda.


Mau tahu info dan tips lainnya seputar kesehatan seksual bagi Anda dan pasangan? Anda bisa mengunjungi laman berikut: Artikel Kesehatan Seksual. Atau masukkan email Anda pada kolom NewsLetter (Berlangganan via Email). Anda akan mendapat update seputar kesehatan seksual dari situs ini melalui email secara berkala dan gratis.

Selain itu, bagi Anda para pria yang mengalami masalah seksual seperti “Ejakulasi Dini, Disfungsi Ereksi, atau Penis yang kurang besar”, kami menyediakan obat oles herbal untuk mengatasi masalah tersebut. Kunjungi laman Obat Oles 123 untuk melihat katalog dan detail produknya.