Pengaruh Hormon Dalam Tubuh – Hormon dalam tubuh terletak dari ujung kepala hingga ujung kaki. Anda pun pasti sering mendengar betapa hormon mempengaruhi tubuh. Sebab “hormonlah yang mengatur seluruh fungsi tubuh“. Malah, ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan membunuh gairah seks, serta bisa menyebabkan stres.

Beberapa Pengaruh Hormon Dalam Tubuh

Nah, berikut ini beberapa contoh hormon dalam tubuh yang berperan penting untuk kesehatan tubuh yang mempengaruhi stres dan gairah sekaligus cara menyeimbangkannya yang ditinjau dari dr. Aria Wibowo seperti yang dilansir dari meetdoctor.com:

1. Hormon Kortisol

Hormon kortisol adalah hormon yang mengatur tingkat stres dalam pikiran dan tubuh. Pada waktu Anda berada dalam kondisi darurat atau membingungkan, hipotalamus akan mengaktifkan kortisol. Kemudian masuk ke dalam aliran darah, mempercepat detak jantung, menambah kadar oksigen dalam otak, serta melepas energi dari lemak dan glukosa dalam tubuh.

Hormon dalam tubuh ini justru memberikan hal positif bagi tubuh selama masih dalam batas kewajaran. Akan tetapi saat Anda stres secara berlebihan, hormon kortisol justru berkurang jumlahnya. Sehingga Anda akan mudah lelah, lemas, dan tidak bergairah dalam melakukan aktifitas apapun. Terutama hubungan seksual dengan istri Anda.

Cara menyeimbangkan hormon kortisol ini adalah dengan berolahraga kardio, seperti joging yang diselingi lari cepat dengan jangka waktu 60 detik yang dilakukan selama 30 menit. Olahraga dalam seminggu sebaiknya dilakukan selama 3 jam dengan durasi tidak melebihi 40 menit. Pasalnya, berolahraga lebih dari 40 menit akan membuat jumlah kortisol semakin meningkat.

2. Hormon Melatonin

Jika menjelang malam datang, kelenjar pineal pada otak mulai mengeluarkan “hormon melatonin” yang membuat Anda sangat mengantuk. Pada saat semakin larut malam, jumlah hormon melatonin akan meningkat. Hormon melatonin baru bisa bekerja secara maksimal dalam “kondisi gelap”.

Jika Anda tidur dengan lampu yang terang atau menyala, maka fungsi hormon melatonin akan terganggu. Padahal hormon ini bisa menangkal stres dan radikal bebas. Rendahnya hormon melatonin dalam tubuh juga bisa menyebabkan diabetes, obesitas, dan kanker. Produksi hormon melatonin juga bisa bertambah bila Anda tidur memakai pakaian dalam yang terlalu ketat.

3. Hormon Oksitosin

Hormon oksitosin atau oxytocin dikenal sebagai “HORMON CINTA” yang muncul saat menyentuh seseorang yang spesial di hati Anda. Level oksitosin yang tinggi dapat meningkatkan:

  • Hasrat gairah seks,
  • Kepercayaan terhadap seseorang,
  • Mengurangi pegal dan kekakuan di bagian punggung,
  • Dan menurunkan tekanan darah

Lucunya, hormon oksitosin bisa dibilang dapat “Memengaruhi kemampuan seseorang mengingat sesuatu atau memori“. Misalnya, saat Anda berpelukan setelah bertengkar dengan pasangan. Tindakan berpelukan ini akan melepaskan hormon oksitosin sehingga Anda pun lupa pertengkaran tersebut.

Hormon oksitosin ini diperkuat oleh keberadaan “Estrogen“. Itulah alasan “mengapa wanita cenderung menyukai adanya interaksi intim seusai hubungan intim serta mudah terangsang dalam masa ovulasi“. Bahkan bila pasangannya hanya menyentuh dengan lembut. Hormon oksitosin juga meningkat tajam selama orgasme dan sesudahnya.

Itulah pengaruh hormon dalam tubuh yang bisa mempengaruhi stres dan gairah seks yang sudah Anda ketahui. Semoga Artikel kesehatan seksual ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin selalu ingin tampil lebih sehat, semangat, dan bergairah dalam menjalankan aktifitas apapun!!! (AB).


Mau tahu info dan tips lainnya seputar kesehatan seksual bagi Anda dan pasangan? Anda bisa mengunjungi laman berikut: Artikel Kesehatan Seksual. Atau masukkan email Anda pada kolom NewsLetter (Berlangganan via Email). Anda akan mendapat update seputar kesehatan seksual dari situs ini melalui email secara berkala dan gratis.

Selain itu, bagi Anda para pria yang mengalami masalah seksual seperti “Ejakulasi Dini, Disfungsi Ereksi, atau Penis yang kurang besar”, kami menyediakan obat oles herbal untuk mengatasi masalah tersebut. Kunjungi laman Obat Oles 123 untuk melihat katalog dan detail produknya.