memakai celana dalam

Celana dalam memang menjadi peranan yang sangat penting dalam sebuah kehidupan. Jenis pakaian dalam yang kita pakai memang sangat membantu kehidupan seseorang baik pria dan wanita dalam beraktifitas. Namun, minimnya pengetahuan bagi sebagian lelaki dan perempuan dalam memakai celana dalam sering membuat alat kelamin mereka merasa tidak nyaman, gatal, menjadi sarang bakteri atau jamur, dan berisiko mempengaruhi kesehatan, khususnya masalah kesuburan (mandul).

Pentingnya Memilih Celana Dalam Bagi Pria dan Wanita

Celana dalam adalah pakaian yang Anda kenakan sehari-hari. Tugas celana dalam cukup penting, karena mereka melindungi alat kelamin pria dan wanita yang sangat sensitif dan rentan dengan masalah bila dalam kondisi kebersihan yang buruk yang harus selalu dijaga kesehatannya. Namun, beberapa hal mungkin sering diabaikan dalam pemilihan dan penggunaan celana dalam ini seringkali dilupakan oleh sebagian banyak orang yang harus Anda rubah dan perhatikan mulai dari sekarang juga.

Anda dituntut harus pandai dalam memilih celana dalam untuk Anda pakai dalam beraktifitas. Dalam mengenakan celana dalam yang harus Anda lakukan adalah ; masalah ukuran, waktu dan kondisi penggunaan yang tidak hanya akan mempengaruhi kenyamanan Anda saja, tetapi juga kesehatan Anda.

berikut adalah beberapa kesalahan penggunaan celana dalam baik pria dan wanita yang harus Anda ketahui :

1. Memakai Celana dalam terlalu ketat

Celana dalam terlalu ketat tidak hanya akan membuat timbunan lemak di pantat dan pinggang semakin berbentuk. Celana ketat juga bisa membuat kulit teriritasi dan gatal, khususnya bagi kaum hawa yang selalu memakai celana dalam seksi setiap harinya yang rentan akan resiko tersebut. Bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause, ini bisa berdampak lebih buruk, seperti iritasi di dinding Miss V yang semakin menipis. Bagi pria agar tetap meningkatkan kesuburan, sebaiknya memakai model celana dalam pria seperti ; celana dalam boxer.

2. Memakai celana dalam pembentuk tubuh

Sekarang banyak kaum ibu-ibu yang menggunakan jenis celana dalam perempuan pembentuk tubuh (shapewear) yang diharapkan agar pinggang / pinggul dan perut mereka tampak lebih ramping. Akan tetapi, secara tidak disadari, dengan menggunakan celana dalam shapewear mereka mempertaruhkan risiko kesehatannya sendiri. Karena celana jenis itu bisa menyempitkan sirkulasi atau aliran darah.

Menurut pakar kesehatan wanita Donnica Moore, M.D. mengatakan “Shapewear yang benar-benar ketat bisa menekan saraf dan menyumbat sirkulasi darah. Shapewear juga membuat wanita kesulitan untuk pergi ke kamar mandi. Ini menambah masalah lain, seperti menahan keinginan untuk buang air kecil.”

3. Tidak terbuat dari bahan katun

Preferensi pribadi Anda dapat mendikte kain yang akan Anda pilih. Dalam urusan bahan biasanya bagi Anda yang ingin terlihat hidup mewah biasanya akan memilih bahan yang lebih mahal yaitu memakai celana dalam bahan sutra. Bagaimanapun, Anda harus pastikan bahwa bagian selangkangan dari celana dalam harus dilapisi dengan bahan katun.

Dr. Moore menyarankan kepada Anda “Selama celana dalam memiliki bahan katun di bagian vital akan dilindungi, Anda tidak perlu cemas. Sementara, sutra dan kain sintetis yang tidak membuat lancar aliran udara akan menahan kelembaban yang meningkatkan risko infeksi jamur dan bakteri.”

4. Memakai Celana Dalam Sexy (celana dalam G String atau Thongs)

Sering memakai Celana dalam sexy sejenis thongs atau celana dalam g string akan membuat organ genital akan mengalami infeksi. Jika Anda memiliki kecenderungan untuk mendapatkan infeksi bakteri atau jamur, jenis celana dalam sexy thongs hanya akan membuat kondisi Anda kian memburuk.  Kata Dr. Moore “Thongs bisa menjadi transportasi untuk bakteri dari belakang ke depan yang mengacu pada penyebaran E. coli dari anus ke daerah Miss V.”

Celana dalam jenis thongs khusus dikenakan bagi wanita hanya menutupi segitiga kecil di area kewanitaan Anda yang juga bisa sangat menjengkelkan karena memicu gesekan lebih di daerah vulva dan Miss V.  Akan tetapi, itu tidak berarti wanita tidak bisa memakainya, Anda hanya perlu menemukan dan memilih jenis yang tepat untuk Anda.

5. Memakai celana dalam di malam hari

Mengenakan celana dalam di malam hari atau menjelang tidur memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, khusunya dalam meningkatkan kesuburan kata Dr Moore “Meski setiap orang memiliki preferensi pribadi, dari perspektif pernapasan kulit, Anda sebaiknya tidur tanpa pakaian dalam.” Bagi wanita yang akan melalui masa menopause, memakai pakaian dalam yang lebih longgar dan nyaman adalah tips kesehatan yang harus dijalani sehari-hari.

6. Tidak Mengganti Celana Dalam yang berkeringat atau basah

Wanita dan pria yang cenderung berkeringat harus mengubah pakaian mereka secara
teratur. Dalam mengganti celana dalam anda seharusnya mengganti pakaian dalam Anda dua kali sehari atau lebih sering ketika tidak banyak berkeringat. Siapa saja yang bekerja keluar harus memakai celana bersih secepat mereka bisa.

Kata Dr Moore menambahkan kembali “Lingkungan lembab dan hangat adalah tempat yang sempurna untuk perkembangan jamur.”  Ia juga merekomendasikan “orang yang mudah berkeringat untuk memilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap kelembaban dan menghindari bahan katun yang tidak mudah kering”.

7. Salah memakai deterjen

Anda mungkin terhelak bagaimana deterjer bisa mempengaruhi kesehatan kemaluan Anda lewat celana dalam yang Anda pakai. Salah satu penyebab iritasi kulit yang patut dipertimbangkan adalah deterjen Anda. Jaringan kulit yang sering berkontak dengan celana dalam Anda biasanya lebih sensitif daripada bagian tubuh Anda yang lain.

Kata Dr Dardik “Banyak merek deterjen yang memiliki konsentrasi parfum yang sangat tinggi. Saya tidak tahu mengapa banyak wanita ingin Miss V-nya wangi, tapi saya menyarankan agar menggunakan produk pembersih hypoallergenic untuk mencuci celana dalam.”

Ternyata salah dalam memilih dan memakai celana dalam bisa menjadi sangat fatal bagi kesehatan reproduksi Anda. Maka, Anda harus lebih pintar dalam meimilih dan memakai celana dalam dengan baik dan benar agar Anda tidak terkena iritasi, gatal, menjadi sarang tumbuh kembang jamur dan bakteri, serta menyebabkan masalah lainnya khususnya masalah kesuburan.

Demikian 7 kesalahan pria dan wanita dalam memakai dan memilih celana dalam yang sudah Anda ketahui. Semoga dengan datangnya artikel kesehatan seksual di obatoles.com menambah wawasan Anda untuk selalu menjaga kesehatan organ keintiman Anda. (AB)