kenali-jenis-diabetes-secara-umum

Kenali Jenis Diabetes Secara Umum – Diabetes merupakan suatu kumpulan gejala akibat peningkatan kadar gula darah secara kronis karena kekurangan hormon insulin. Banyak dari kita yang belum mengetahui penyakit ini. Sehingga karena pengetahuan yang sedikit, membuat kita menyepelekan dan memandang rendbetapa berbahayanya penyakit ini.

kenali-jenis-diabetes-secara-umum Diabetes dapat muncul pada seseorang tanpa disadari sebelumnya dan pada umumnya hanya bisa terdeteksi setelah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Gejala awal yang ditimbulkan tidaklah terlalu signifikan, sehingga si penderita tidak terlalu mengkhawatirkan kondisinya dan merasa tidak perlu untuk berkonsulti kepada dokter. Pada akhirnya, penyakit baru timbul akibat komplikasi.

Untuk meminimalisir tejadinya diabetes, terlebih dulu kita Kenali Jenis Diabetes Secara Umum. Berikut adalah Jenis Diabetes Secara Umum:

    • Diabetes tipe 1

      Diabetes-tipe-1-Kenali-Jenis-Diabetes-Secara-UmumDiabetes tipe ini terjadi ketika pankreas memproduksi insulin dalam jumlah dibawah normal sehingga membutuhkan insulin tambahan. Dalam kasus diabetes tipe 1 ini hanya memproduksi sedikit insulin bahkan ada yang tidak menghasilkan insulin sama sekali.
      Belum diketahui secara pasti apa penyebab utama diabetes tipe 1 ini terjadi. Tetapi beberapa studi mengatakan kalau diabetes ini terjadi karena faktor keturunan dan beberapa faktor lain seperti virus dan racun yang mempengaruhi sistem imun agar menghambat terbentuknya insulin.

    • Diabetes tipe 2

      Diabetes-tipe-2-Kenali-Jenis-Diabetes-Secara-UmumJika tipe 1 berhubungan dengan kuantitas atau jumlah insulin, tipe 2 ini berhubungan dengan kualitas insulin. Dengan kata lain, pankreas masih bisa menghasilkan hormon insulin dalam jumlah normal, namun karena suatu hal insulin tersebut tidak bekerja dengan baik.
      Diabetes tipe ini sering disangkutpautkan dengan usia yang semakin tua, kegemukan, riwayat keluarga, dan kurangnya berolahraga dan aktifitas fisik.
      Tipe ini adalah kasus diabetes yang sering ditemukan yaitu mencapai 90% dari semua kasus diabetes dan kebanyakan terjadi pada orang dewasa. Dan sekitar 80% penderita diabetes tipe 2 adalah orang yang memiliki berat badan berlebih.

    • Gestasional Diabetes

      Gestasioal-Diabetes-Kenali-Jenis-Diabetes-Secara-UmumTipe ini hanya terjadi selama proses kehamilan dan pulih setelah melahirkan. Dibetes tipe ini disebabkan karena hormon yang mengatur kehamilan menghalangi kinerja insulin sehingga tidak bekerja dengan baik. Akibatnya level gula darah dalam tubuh semakin meningkat.
      Meski diabetes ini bersifat sementara yaitu saat kehamilan dan setelah melahirkan, tapi jika tidak ditangani dengan baik akan mempengaruhi pertumbuhan janin maupun sang ibu.

Hingga sekarang penyakit diabetes memang sulit disembuhkan, namun kita tidak perlu berkecil hati dengan hal tersebut. Meskipun sulit disembuhkan, setidaknya penyakit tersebut masih bisa dikontrol sehingga dapat meminimalisir penyebaran yang lebih lanjut.