Efek samping penggunaan pil Kb

Ini efek samping penggunaan pil KB – Pasangan suami-istri pada umumnya pasti menginginkan hadirnya seorang momongan atau anak, namun tidak semua menginginkan hal tersebut. Banyak pasangan suami istri yang tidak menginginkan anak terlebih dahulu di karenakan beberapa hal diantaranya masalah ekonomi, pekerjaan, sudah mempunyai anak dan masih banyak lagi. Oleh karena itu banyak pasangan suami istri yang menggunakan pil KB.

Bagi mereka yang sudah menikah, tentu sangat pemilihan alat kontrasepsi sangat diperlukan. Di Indonesia selain KB spiral, pemakaian pil KB juga sangat familiar. Banyak wanita Indonesia yang memilih untuk memakai pil KB karena dianggap paling minim efek samping bagi kesehatan yang akan ditimbulkannya.

Efek samping penggunaan pil KB

Namun benarkah demikian? Seperti dilansir dari healthmeup.com, ternyata pil KB juga memiliki efek samping buruk untuk kesehatan terutama jika dipakai dalam jangka panjang. Penggumpalan darah merupakan salah satu efek samping penggunaan pil KB. Terutama jika Anda seorang perokok atau memiliki tekanan darah tinggi.

  1. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pil KB mampu meningkatkan risiko kanker payudara terutama di kalangan wanita berusia muda. Namun risiko ini akan menurun setelah seorang wanita menghentikan konsumsi pil KB.
  2. Selain kanker payudara, penggunaan pil KB juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker ovarium dan endometrium.
  3. Penggunaan kontrasepsi oral dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker serviks meskipun peningkatan risiko ini sebenarnya terjadi pada wanita yang aktif melakukan hubungan seksual dan terinfeksi virus HPV.

Di balik efek samping yang bisa ditimbulkan, pil KB juga bisa membantu Anda dalam mempertahankan kesuburan dengan mengurangi resiko gangguan rahim. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya dan disesuaikan pula dengan kondisi tubuh Anda.


Mau tahu info dan tips lainnya seputar kesehatan seksual bagi Anda dan pasangan? Anda bisa mengunjungi laman berikut: Artikel Kesehatan Seksual. Atau masukkan email Anda pada kolom NewsLetter (Berlangganan via Email). Anda akan mendapat update seputar kesehatan seksual dari situs ini melalui email secara berkala dan gratis.

Selain itu, bagi Anda para pria yang mengalami masalah seksual seperti “Ejakulasi Dini, Disfungsi Ereksi, atau Penis yang kurang besar”, kami menyediakan obat oles herbal untuk mengatasi masalah tersebut. Kunjungi laman Obat Oles 123 untuk melihat katalog dan detail produknya.