Faktor yang menyebabkan air sperma encer

Mani encer merupakan salah satu masalah besar bagi semua pria. Mani encer merupakan salah satu tanda infertilitas pada pria, Meskipun tidak bisa disimpulkan bahwa mani encer merupakan sebuah kelainan, Namun setidaknya mani yang lebih kental membuat pria lebih percaya diri.

Faktor yang Menyebabkan Air Sperma Encer

Faktor yang menyebabkan Air Sperma Encer salah satunya karena terlalu sering berejakulasi atau onani. Dan berikut adalah faktor yang menyebabkan air sperma encer:

1. Jumlah sperma tidak memadai

Jumlah sperma yang tidak memadai merupakan faktor yang menyebabkan air sperma encer. Jumlah sperma yang tidak memadai terjadi karena seseorang terlalu sering melakukan onani. Pada individu yang sangat aktif secara seksual (individu yang sering onani), testis tidak punya cukup waktu untuk menghasilkan sel sperma. Sel sperma rata-rata membutuhkan waktu 70 hari untuk matang dan siap untuk ejakulasi. Sementara setiap ejakulasi tidak mengosongkan testis dari sel sperma, setelah beberapa hari mengalami ejakulasi yang sering, testis akan kehabisan sperma dan tidak lagi memberikan kontribusi sperma pada air mani.

2. Kekurangan Fruktosa

Fruktosa datang terutama dari buah-buahan dan sayuran. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan tubuh kekurangan fruktosa dan menyebabkan air mani encer dan bening. Yang paling menonjol adalah diet yang tidak memiliki karbohidrat dan gula yang diperlukan. diet tanpa energi yang cukup akan menghasilkan air mani yang kurang dalam fruktosa. Kedua, kelelahan sering dapat menyebabkan kondisi ini sebagaimana tubuh menggunakan gula untuk memberikan energi untuk aktifitas.

3. Tubuh tidak mampu memproduksi sperma dengan cepat

Kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang mengalami kelalahan fisik dan psikologis. Sehingga tubuh kurang cepat merespon sinyal pembentukan sperma, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan sperma yang kental dan berkualitas.

Demikianlah Faktor yang menyebabkan air sperma encer. Semoga artikel kami yang berjudul “Faktor Yang Menyebabkan Air Sperma Encer” bisa bermanfaat.


Mau tahu info dan tips lainnya seputar kesehatan seksual bagi Anda dan pasangan? Anda bisa mengunjungi laman berikut: Artikel Kesehatan Seksual. Atau masukkan email Anda pada kolom NewsLetter (Berlangganan via Email). Anda akan mendapat update seputar kesehatan seksual dari situs ini melalui email secara berkala dan gratis.

Selain itu, bagi Anda para pria yang mengalami masalah seksual seperti “Ejakulasi Dini, Disfungsi Ereksi, atau Penis yang kurang besar”, kami menyediakan obat oles herbal untuk mengatasi masalah tersebut. Kunjungi laman Obat Oles 123 untuk melihat katalog dan detail produknya.