aset berharga setiap wanita

Ciri-ciri Wanita Hamil Gejala dan Tanda Awal Kehamilan – Banyak timbul pertanyaan bagi pasangan khususnya wanita yang menanyakan bagaimana ciri2 wanita hamil yang jelas? Sebaiknya, ciri-ciri orang hamil harus diketahui sedini mungkin, karena apabila seorang wanita sedang hamil, maka sebagai seorang perempuan kudu wajib menjaga kondisi kehamilannya.

Kehamilan adalah kondisi dimana wanita yang membawa “embrio” atau “janin” di dalam tubuhnya. Pada saat masa-masa kehamilan sangat menentukan kesehatan “janin” dan “ibunya“. Pada awal kehamilan biasanya menunjukkan ciri-ciri spesifik.

Ciri-Ciri Wanita Hamil

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri wanita hamil beserta tanda dan gejala yang harus Anda ketahui seperti yang dikatakan oleh dr. Fransisca Alvionita yaitu:ciri-ciri wanita hamil

1. Mual muntah

Salah satu ciri2 tanda gejala orang hamil adalah timbulnya rasa “mual” dan “muntah”. Meski ciri-ciri perempuan hamil ini disebut “morning sickness”,¬† dan gejala keluhan mual muntah bisa terjadi kapan saja dalam sehari. Mual muntah mulai muncul saat usia kehamilan memasuki 7 – 9 minggu, atau kejadiannya bisa lebih awal. Mual muntah disebabkan karena meningkatnya “hormon beta-HCG”. Ada beberapa cara mengatasi mual muntah, meski demikian Anda tidak perlu khawatir gejala ini biasanya akan hilang setelah usia kandungan berusia 12 – 16 minggu.

2. Mudah lelah dan tak enak badan

Tanda dan gejala ciri-ciri hamil ini tidak semua wanita merasakannya. Merasa mudah lelah atau kurang enak badan juga menjadi salah satu ciri-ciri wanita hamil. Gejala biasanya, Anda akan merasa seperti terkena masuk angin, badan capek-capek dan seperti akan terserang flu. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi karena hal ini tidak menimbulkan bahaya. Yang perlu Anda lakukan hanya perlu istirahat. Mudah lelah dan kurang enak badan adalah merupakan ciri-ciri orang hamil ini akan terasa saat “trimester” pertama dan ketiga.

3. Payudara bengkak dan puting hitam

Kehamilan memang memberikan perubahan pada tubuh seorang wanita. Nah, salah satu ciri2 wanita hamil adalah perubahan pada bentuk “payudara”. Tanda dan gejala kehamilan yang satu ini adalah sering terjadi di awal kehamilan serta bagian puting akan lebih lebar dan berwarna lebih gelap. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih bra yang nyaman dan tepat untuk ibu hamil, terutama saat melakukan olahraga.

4. Ngidam dan sensitif terhadap bau

Ngidam dan berselera terhadap suatu makanan bisa menjadi ciri-ciri orang hamil yang paling jelas terlihat. Seperti; pada saat Anda sangat menyukai makanan tertentu sebelum hamil, tapi saat hamil Anda malah tidak suka sama sekali makanan tersebut. Hal tersebut sangat kebalik dari kesukaan Anda sebelumnya. Bahkan, mencium bau makanan tersebut saja membuat Anda terasa mual-mual bukan? Ciri-ciri orang hamil berupa ngidam ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Wanita yang sedang hamil juga biasanya akan mengalami penciuman yang sensitif, seperti terhadap parfum, rokok, dan bau masakan yang sangat menyengat.

5. Sering buang air kecil

Tanda dan gejala ciri-ciri wanita hamil berikutnya adalah “intensitas buang air kecil yang meningkat”. Hal ini biasanya disebabkan oleh rahim yang mulai berkembang dan mendorong kandung kemih yang membuat Anda sering buang air kecil secara terus-menerus.

6. Flek dan kram perut

Ciri-ciri perempuan hamil selanjutnya adalah mengalami spotting (flek) yaitu berupa cairan merah muda atau kecokelatan dengan disertai kram perut. Perlu diingat!!! Tidak semua wanita hamil mengalami flek dan kram perut. Di sisi yang berbeda, penyebab flek dan kram perut belum diketahui secara pasti. Dugaan terkuat adalah “penempelan ovum” yang telah dibuahi pada dinding rahim.

7. Terlambat menstruasi

Ciri-ciri wanita hamil yang paling jelas adalah Anda akan “mengalami keterlambatan menstruasi”. Nah,,, jika siklus menstruasi anda¬† terlambat, Anda sebaiknya segera melakukan tes kehamilan.

8. Test pack

Ciri2 orang hamil berikutnya yang dialami wanita adalah bersifat subjektif, maka untuk lebih tepatnya dan lebih meyakinkan Anda apakah Anda positif hamil atau tidak Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack yang bisa dibeli di apotek terdekat.

Demikian 8 ciri-ciri wanita hamil yang sudah Anda ketahui secara jelas. Jika Anda merasakan tanda atau gejala seperti yang disebutkan diatas, segeralah cek menggunakan test pack periksakan diri Anda atau Anda bisa datang ke dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan jawaban positif tentang kehamilan Anda.

Silahkan kunjungi situs kami lagi untuk Artikel Kesehatan Seksual lainnya. Atau silahkan masukkan email Anda pada kolom NewsLetter (Berlanggan via Email) untuk mendapatkan update berkala dari situs ini melalui email. (AB).