tindik-vagina

Obatoles123.com- Bahaya Terbesar Akibat Menindik Vagina- Tren yang selalu berkembang telah menuntut pengikutnya untuk mengikutinya pula. Salah satu tren tersebut adalah terkait dengan tindik vagina. Anda tentu perlu memikirkan risiko dan kemungkinan yang bisa terjadi jika mengikuti tren tersebut.

Ada banyak tren di luar sana yang melibatkan penggunaan organ intim. Pada wanita misalnya, ada tren mewarnai rambut kemaluan. Jika Anda tahu, kulit vagina sepuluh kali lebih tipis dari kulit kepala Anda, dan mewarnai rambut ini akan mengganggu kesehatan. Mewarnai rambut kemaluan Anda dapat memengaruhi kesehatan vagina dengan menyebabkan cairan putih ekstra keluar dari dalam vagina, iritasi atau kemerahan, demikian yang dilansir Healthmeup.

Selain pewarnaan rambut vagina, waxing dan mencukur rambut vagina juga banyak dilakukan. Baik waxing dan mencukur rambut kemaluan dapat membuat kulit vagina Anda bisa berubah gelap. Untuk menyingkirkan kulit gelap pada atau di sekitar daerah vagina, kebanyakan wanita lebih memilih pemutihan kulit vagina. Bahan kimia yang digunakan dalam produk pemutih dapat menyebabkan iritasi kulit yang parah, lecet dan luka bakar.

Yang paling ekstrim, saat ini muncul tren menindik organ intim. Sebagian besar penindikan dilakukan dalam klitoris vagina, tetapi ada juga yang dilakukan pada labia dalam dan luar atau perineum yang juga dapat ditembus. Piercing di bagian manapun dari tubuh meningkatkan kemungkinan infeksi. Selain itu, menusuk vagina dapat meningkatkan risiko Anda terhadap infeksi bakteri, perdarahan, kerusakan saraf, alergi, dan luka parah. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memikirkan kembali jika ingin mengikuti tren yang sekiranya berisiko menggangu kesehatan Anda.

Bagi kelompok masyarakat tertentu, tindik sudah menjadi sebuah kebudayaan atau gaya hidup yang bisa menggambarkan identitas seseorang. Maka, tak heran jika tindik di telinga atau hidung mungkin sudah terdengar sangat lumrah. Namun, bagaimana dengan tindik vagina atau penis? Anda juga tertarik untuk mencobanya? Jika berminat, sebaiknya baca dulu informasi penting seputar tindik organ intim pria atau wanita berikut ini.

Di bagian mana saya bisa menindik organ intim?

Pada wanita, bagian kelamin yang bisa ditindik adalah klitoris, selubung klitoris, bibir vagina bagian dalam, atau bibir vagina bagian luar. Sementara itu, bagian kelamin yang bisa ditindik pada pria meliputi batang atau ujung penis. Tindik penis tidak boleh dilakukan dengan cara menembus penis dari satu sisi ke sisi lainnya. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan reproduksi Anda.

Seperti apa prosedur tindik vagina atau penis?

Anda tidak boleh menindik organ intim Anda sendiri. Carilah studio yang profesional dan bereputasi baik. Pastikan juga orang yang menindik Anda sudah berpengalaman atau memiliki sertifikat khusus yang menyatakan bahwa ia sudah melalui pelatihan khusus tindik alat kelamin.

Sebelum ditindik, organ intim Anda yang sudah dicukur akan dibersihkan dengan cairan disinfektan khusus guna mencegah infeksi. Lalu bagian yang akan ditindik akan dilubangi dengan jarum khusus yang steril. Setelah itu, melalui lubang tersebut, perhiasan yang sudah Anda pilih akan disematkan dan ditutup. Area yang sudah ditindik kemudian akan dibersihkan lagi.

Apakah prosedurnya menyakitkan?

Setiap orang memiliki reaksi dan tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap rasa sakit. Namun, secara umum tindik vagina dan penis akan terasa sakit pada kira-kira lima detik pertama. Ini adalah saat di mana organ intim Anda dilubangi dengan alat khusus. Setelah itu, Anda mungkin merasa tidak nyaman, tetapi rasa sakit seharusnya sudah berangsur hilang dalam beberapa saat.

Berapa lama proses penyembuhannya?

Luka bekas tindikan pada vagina atau penis biasanya akan sembuh total setelah satu sampai dua bulan. Tindikan di area-area yang lebih sensitif seperti bibir vagina dalam mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, kira-kira sampai empat bulan. Untuk menghindari risiko infeksi atau luka, sebaiknya hindari berhubungan seks dulu sampai bekas tindikan membaik.

Risiko kesehatan tindik vagina atau penis

Tindik vagina atau penis bukanlah prosedur yang terjamin aman. Sebelum memutuskan untuk menindik organ intim Anda, pelajari berbagai risiko dan bahayanya berikut ini.

Infeksi bakteri. Setiap ada bagian tubuh Anda yang terluka, baik secara sengaja maupun tidak, Anda berisiko mengalami infeksi bakteri. Gejalanya antara lain pembengkakan, kemerahan, demam, dan rasa perih atau sakit terutama saat buang air kecil. Kalau Anda mengalami gejala-gejala infeksi, segera hubungi dokter.

Penularan penyakit. Jika tidak hati-hati memilih studio tindik, alat-alat yang dipakai mungkin tidak benar-benar steril dan baru. Alat-alat tindik yang tidak steril atau bekas berisiko menyebabkan penularan virus seperti HIV, hepatitis, tetanus, dan virus penyebab penyakit kelamin lainnya.

Alergi dan iritasi. Organ intim adalah area yang sangat sensitif. Maka, Anda mungkin mengalami iritasi atau alergi terhadap bahan perhiasan atau alat-alat yang dipakai menindik. Gejala alergi dan iritasi antara lain muncul ruam, kemerahan, gatal, demam, dan keluar cairan bening dari bekas tindikan.

Perdarahan. Anda mungkin mengalami perdarahan ringan setelah ditindik hingga beberapa minggu sesudahnya. Terutama jika tindikan Anda tergesek pakaian atau tempat duduk. Namun, seharusnya perdarahan akan berhenti sendiri kalau lukanya sudah sembuh. Jika terjadi perdarahan serius, segera hubungi layanan gawat darurat.

Kerusakan saraf dan jaringan. Kalau orang yang menindik Anda kurang ahli, bisa jadi saraf Anda ikut tertusuk atau luka saat prosedur berlangsung. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan saraf dan gangguan pada peredaran darah.

Kondom mudah sobek. Tindik vagina atau penis berisiko menyebabkan kondom mudah sobek saat berhubungan seks. Pasalnya, permukaan kondom bisa tergesek perhiasan tindikan. Jika tidak disadari, hal ini bisa mengakibatkan kehamilan dan penularan penyakit kelamin.

Merawat organ intim setelah ditindik

Menjaga kebersihan adalah kunci utama merawat organ intim serta tindikan Anda. Tindikan Anda harus rajin dibersihkan setiap hari dan setelah berhubungan seks. Bilas dengan larutan air garam, air bersih, dan sabun.

Selalu cuci bersih tangan Anda sebelum menyentuh atau membersihkan area vagina dan penis. Jika tindikan terdapat pada ujung penis di dekat lubang kemih, bersihkan dulu sebelum Anda buang air kecil.