Obatoles123.com- Bahaya Memakai Celana Dalam Usai Berhubungan Seks- Banyak wanita dan pria usai melakukan hubungan seks langsung tertidur, namun tak sedikit yang mereka langsung memakai celana dalam baru kemudian meneruskan tidur atau melakukan aktivitas lain seperti langsung bekerja, mengobrol atau memasak. Hal ini terkandung dari kegiatan, kesibukan dan lokasi dimana mereka melakukan hubungan seks.

Langsung memakai celana dalam usai berhubungan seks sangat berbahaya jika dikaji secara ilmiah. Selain kondisi sekitar organ vital yang lembab dan basah bekas cairan seks juga karena ancaman bakteri dilokasi tersebut. Selain itu bau tidak sedap juga sering menghinggapi lokasi sekitar organ vital dan sekitar cairan yang menempel pada kasur, bantal atau sepray.

Untuk itulah disarankan setelah melakukan hubungan seks kedua pasangan tidak disarankan memakai celana dalam langsung, melainkan harus melakukan hal-hal berikut:

  1. Pergi Ke toilet

Buang air kecil setelah melakukan hubungan seks sangat dianjurkan walaupun kandung kemih tidak terdapat air urin yang penuh. Hal ini bermanfaat untuk mengeluarkan berbagai virus dan bakteri dari sekitar uretra dan saluran pendek yang dibawa urin sebagai cairan sekresi.

Secara ilmiah, saluran infeksi bisa masuk ke bagian vagina karena terdorong hingga ke uretra akibar sodokan penis secara berulang-ulang. Tentu ini sangat berbahaya ketika bakteri berkembang di dalam uretra dan berkembang disana.

  1. Harus Mengeringkan vagina

Dalam berhubungan seks kondisi basah dan berantakan dianggap wajar. Hal ini karena semua cairan dari kedua pasangan akan membasahi lubang vagina dan sekitarnya. Untuk itulah organ vital harus segera dibersihkan dan lalu di keringkan agar kondisi sekitar organ vital bersih dan terhindar dari virus dan bakteri yang akan berkembang pesat.

Namun, pastikan Anda membasuh area kewanitaan ini, lalu keringkan sampai benar-benar kering menggunakan handuk atau tisu. Bakteri dan jamur senang berada di kondisi lembap, dan tidak mengeringkan vagina secara tuntas akan menimbulkan risiko infeksi jamur, jelas Dr. Twogood.

Pastikan Anda tidak menggunakan sabun berpewangi. Jika tidak ada sabun khusus vagina, pilihlah sabun bayi. Atau, cukup membasuh vagina dengan air saja sesudah berhubungan seks. Karena sabun pewangi bisa membuat organ vital dan vagina semakin kering dan justru bisa menyebabkan rasa gatal.

  1. Tanpa celana dalam lebih baik

Sebenarnya tidur tanpa celana dalam justru membuat terasa lebih nyaman saat tidur. Namun tidak semua orang bisa melakukannya karena karakter seseorang yang berbeda-beda. Jika Anda tidak ingin tidur telanjang, gunakan baju tidur atau celana piyama yang longgar. Hindari menggunakan celana dalam, apalagi yang ketat, sampai pagi. Hal ini bisa memicu infeksi. Bukti infeksi misalnya ditandai warna merah disekitar vagina. Infeksi jika dibiarkan dalam jangka waktu lama tentu berbahaya dan bisa menimbulkan luka yang lebih serius. Apalagi infeksi tersebut disekitar organ yang tertutup dan cenderung lembab.

“Jangan kenakan celana dalam” Dr. Twogood memperingatkan. Bebas dari celana dalam membantu membebaskan vagina dan membuatnya bisa bernapas. Hal ini akan menurunkan risiko infeksi jamur dan kondisi gatal lainnya.

Perhatikan vagina

Jika vagina Anda terasa aneh, perhatikan dengan seksama. Tidak perlu menggunakan senter, dan memeriksanya sendiri. Namun, dengarkan kondisi tubuh setelah berhubungan seks.

Perhatikan apakah ada rasa tidak nyaman, gatal, nyeri, atau berdarah. Jika hal ini terjadi, segera kontak dokter kandungan Anda untuk mencari tahu apa yang terjadi.