merawat kemaluan pada wanita

Merawat kemaluan pada wanita tidak segampang yang Anda bayangkan. Ada beberapa cara atau teknik tersendiri yang harus Anda lakukan dan tidak sembarangan. Untuk mecegah agar Miss V atau vagina tidak bau dan gatal, haruslah dilakukan perawatan yang rutin dengan baik dan benar dan sangat diperlukan melakukan perawatan yang ekstra dan tidak asal-asalan.

Pastikan Anda melakukan perawatan pada bagian tubuh Anda dengan mengunakan cara yang aman dan nyaman untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kelamin Anda. Pasalnya, jika salah merawat kemaluan, bisa memicu berbagai macam masalah dan bisa mendatangkan jamur atau bakteri yang menyerang kemaluan Anda.

Nah, untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan mari kita ulas bersama-sama tindakan apa yang tidak boleh dilakukan dalam melakukan perawatan pada organ genital wanita. Berikut beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan pada miss V seperti dilansir dari Prevention diantaranya adalah :

1. Steaming

Dalam merawat kemaluan wanita, jangan sekali-kali melakukan steam. Jika Anda melakukan steaming, segera hentikan mulai sekarang. “Steaming tidak dianjurkan dilakukan untuk membersihkan Miss V. Pasalnya, steaming bisa membuat vagina terbakar.” Kata Raquel Dardik Clinical associate professor dari departemen obstetri dan ginekologi NYU Langone Medical Center.

2. Melakukan pengobatan sendiri

Apabila terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita, ada cara tersendiri untuk mengobatinya dan jangan lakukan pengobatan pada vagina Anda sendiri. Raquel Dardik menambahkan,

“Wanita tidak disarankan mengobati sendiri infeksi vagina dengan ramuan rumahan seperti misalnya dengan bawang putih atau minyak tea tree.”

3. Douching

Zona sensitif seperti Miss V mampu menjaga kondisi keseimbangan pH-nya sendiri. Hal ini karena adanya bakteri baik laktobasilus di dalamnya. Bakteri yang terdapat pada miss V memiliki peran penting dalam mengatur tingkat keasaman (pH) pada miss V itu sendiri. Jika Anda membasuhnya dengan cairan pembersih (douching), Anda akan mengubah keasaman normalnya menjadi netral. Ini akan mempengaruhi vagina untuk melindungi dirinya sendiri dari berbagai masalah dan penyakit yang akan dihadapinya.

4. Menggunakan UFO (Unsanitary Foreign Objects)

Tampon (alat kesehatan untuk menstruasi), jari, sex toys, Mr.P, pelumas, alat kontrasepsi, dan menstrual cups merupakan benda yang boleh masuk ke dalam kemaluan wanita. Sementara benda yang tidak boleh masuk dalam vagina wanita adalah mentimun, pisang, atau pun alat dapur lain yang menyerupai bentuk Mr.P dari Miss V. Pasalnya, tekstur benda tersebut bisa menyebabkan iritasi pada organ intim wanita.

Jika ingin mengatasi bau tak sedap pada Miss V, sebaiknya gunakan sabun tanpa aroma dan air hanya di permukaan Miss V saja (bukan sampai ke dalamnya).

Itulah empat hal yang keliru dalam merawat kemaluan pada wanita. Rawatlah selalu daerah intim Anda agar semakin bersih dan sehat dengan melakukan cara dan benar.