alat kesehatan menstruasi selain pembalut

Selain Pembalut, Ini Alat Kesehatan Menstruasi Lainnya

Ketika menstruasi / datang bulan, wanita tak lepas dari yang namanya alat kesehatan menstruasi seperti pembalut. Selama haid, kebanyakan wanita Indonesia banyak yang memakai pembalut sebagai alat untuk berfungsi untuk menyerap darah dari vagina supaya tidak meleleh ke mana-mana.

Sementara itu, selain pembalut, juga ada banyak alat kesehatan lainnya yang membantu wanita dalam menghadapi PMS seperti; tampon dan menstrual cup.

Beberapa Alat Kesehatan Menstruasi Selain Pembalut

Berikut adalah beberapa alat kesehatan wanita dalam menghadapai menstruasi selain pembalut, seperti dilansir dari Boldsky.com adalah sebagai berikut :

1. Tampon organik

alat kesehatan menstruasi selain pembalut - tampon organikSelain pembalut, alat kesehatan saat wanita sedang menstruasi adalah tampon. Tampon adalah benda seukuran jari yang terbuat dari bahan seperti pembalut. Tampon bekerja menyerap darah menstruasi langsung dari leher rahim perempuan. Karena alat ini dimasukkan ke dalam leher rahim, tampon tetap aman digunakan bagi wanita yang senang dengan olahraga air seperti renang, senam air, dan lain sebagainya. Tapi harganya memang jauh lebih mahal dari pembalut yang sering Anda pakai dalam waktu menstruasi.

2. Menstrual cup

alat kesehatan menstruasi selain pembalut - Menstrual cupSecara teknis, menstrual cup bisa menjadi pilihan terbaik wanita selain pembalut. Alat kesehatan yang satu ini berbentuk cangkir silikon. Cara pemakaiannya adalah cukup ditekuk dan dimasukkan dalam leher rahim untuk menampung darah menstruasi yang akan keluar. Setelah dipakai selama 6-12 jam, benda tersebut harus dikeluarkan untuk dicuci bersih kembali.

Jika Anda belum pernah memakai mentrual cup, mungkin hal tersebut terdengar sangat menjijikkan, tetapi sekali Anda mencobanya, Anda akan paham bahwa alat tersebut benar-benar nyaman dan efisien untuk digunakan saat Anda sedang mengalami menstruasi. Alat kesehatan menstruasi tersebut bisa mudah dibawa dan digunakan sampai bertahun-tahun yang dapat menghemat biaya Anda dalam membeli pembalut ketika datang bulan.

3. Pembalut kain

alat kesehatan menstruasi selain pembalut - pembalut kain herbalPembalut kain yang terbuta dari kapas atau kain pembalut telah digunakan sejak lama sebelum pembalut komersial seperti yang ada sekarang yang banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, Anda harus rajin mengganti dan mencuci pembalut jenis ini untuk menjaga kebersihannya agar daerah kewanitaan Anda dapat selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Itulah 3 alat kesehatan wanita saat menstruasi selain pembalut yang sudah Anda ketahui. Update terus kesehatan seksual di obatoles.comĀ untuk terus lebih mendalami wawasan tentang dunia seks. (AB)